Banten Lamaku Sayang, Banten Lamaku Malang


Antusias ribuan masyarakat yang berziarah di Kawasan Banten Lama sekaligus berwisata religi di situs peninggalan sejarah sekitarnya pada libur Hari Raya Idul Fitri memang cukup mengesankan. “Saya dan keluarga sengaja datang kesini karena kabarnya Banten Lama sekarang beda, jadi kita langsung buktikan, dan ternyata luar biasa perubahannya”, ungkap Heri salah satu pengunjung Banten Lama dari Lampung.

Tapi sayangnya antusias masyarakat tidak disertai dengan kecintaan akan kebersihan di Banten Lama, sampah bertebaran dimana-mana membuat Kawasan ini terlihat kumuh dan tidak terawat. Petugas kebersihan di Kawasan Banten Lama bersama pasukan oranye dari Dinas PERKIM Banten terus menerus membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sekitar Plaza Kawasan.

Tempat sampah yang tersedia sudah cukup banyak, ada sekitar 250 tempat sampah, bahkan ditempatkan dalam plaza tiap 5 meter, tetapi kesadaran pengunjung masih rendah untuk bersama menjaga kebersihan dan keindahan. Jikalau kurang/ tidak tersedia tempat sampah setidaknya sampah produk masing-masing tidak ditinggal di lokasi tapi dapat dibawa sendiri keluar sampai menemukan tempat sampah yang telah disediakan.

Pada hakekatnya, mengubah perilaku tidak semudah membalik telapak tangan, perlu dilakukan secara bertahap, intensif dan melibatkan banyak pihak. Diperlukan petugas yang mengawasi dan mengendalikan kebersihan dan keindahan Kawasan Banten Lama yang dipayungi dalam regulasi terkait larangan buang sampah sembarangan dengan sanksi denda agar ada efek jera yang didahului dengan sosialisasi secara bertahap dan pendampingan kepada masyarakat.

Kadis PERKIM Banten, M. Yanuar mengarahkan kepada para petugas kebersihan dan keamanan Banten Lama sebagai ujung tombak pengelola Banten Lama dalam bertugas agar dapat menyampaikan salam dan sapa kepada pengunjung untuk menjaga kebersihan dan keindahan Banten Lama. Selain itu diamanatkan agar yang berjualan dengan gerobak makan diingatkan untuk menyiapkan tempat sampah dan menjaga kebersihan. Jika terlihat masih ada yang bandel buang sampah sembarangan ditegur dan foto saja.

Menjaga kebersihan, mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, mulai saat ini juga..

Ayo semangat Bangun Banten... bersama kita bisa..

     

 


Berita Lainnya


Banten Lamaku Sayang, Banten Lamaku Malang
2019-06-10 07:00:35 || Admin Perkim

Antusias ribuan masyarakat yang berziarah di Kawasan Banten Lama sek[...]
Selengkapnya


PEMPROV. BANTEN KOORDINASIKAN RENCANA PERSAMPAHAN REGIONAL
2019-04-25 06:07:11 || Admin Perkim
PemProv Banten diwakili Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PERKIM) Provinsi Bante...
Selengkapnya

MEMPERINGATI HARI BUMI 2019, DINAS PERKIM INISIASI PENANAMAN POHON
2019-04-23 08:09:37 || Admin Perkim
Setiap tanggal 22 April, dunia internasional memperingati Hari Bumi. Hari bumi ini dirancang untuk m...
Selengkapnya

Twitter


banten_prov

Facebook


Kontak Kami


Peta


Statistik Kunjungan