GERAKAN INDONESIA BERSIH DALAM MEMPERINGATI HARI HABITAT DUNIA 2018


PERKIM (2/10/2018), SERANG – Dalam Rangka Hari Habitat Dunia 2018 dan menyambut Upacara Hari Ulang Tahun Provinsi Banten yang ke–18 di Lapangan Kesultanan Banten Lama pada hari kamis tangal 4 Oktober 2018, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten beserta Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi Banten menyelengarakan acara Kampanye Kebersihan dan Sosialisai, Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga menggunakan Komposter di Balai Desa Banten, Kecamatan Kasemen Kota Serang.

Perwakilan Tamu undangan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Serang yang terkait dan juga masyarakat setempat mengikuti acara Sosialisai, Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.

Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga tidak hanya membelajarkan masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan tetapi mendapatkan pembelajaran 3R yaitu:

1. Reduce ialah upaya mengurangi timbulan sampah dengan cara merubah pola hidup konsumtif masyarakat.
2. Reuse ialah upaya memanfaatkan kembali bahan atau barang agar tidak menjadi sampah dengan cara merubahnya menjadi pot tanaman, atau kerajinan tangan, dan kreativitas lainnya.
3. Recycle ialah menggunakan kembali bahan setelah melalui proses pengolahan dengan cara mengolah kembali botol-botol plastik bekas menjadi biji plastik, sehingga bisa dicetak kembali menjadi ember, gantungan hanger, pot plastik, dan masih banyak lag

Bukan hanya 3R saja untuk mengelola sampah dengan baik tetapi juga masyarakat menapatkan pembelajaran tentang kegunaan warna tong sampah untuk memilah sampah sesuai jenisnya agar mudah didaur ulang.

 Kampanye Kebersihan

Bersih – bersih jalan dan selokan di sekitar jalan menuju Banten Lama. Masyarakat setempat antusias mengikuti acara Kampanye Kebersihan dan Sosialisai, Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dengan rasa bangga karena Banten Sekarang bukan banten yang dulu, mereka ingin menunjukan bahwa banten sekarang lebih bersih dan rapi dengan adanya Revitalisasi Banten Lama yang dilakukan Pemerintah Provinsi Banten, khususnya Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten yang  ikut andil dalam Bangun Banten Menuju Perubahan.


Berita Lainnya


GERAKAN INDONESIA BERSIH DALAM MEMPERINGATI HARI HABITAT DUNIA 2018
2018-10-09 01:41:16 || Admin Perkim
PERKIM (2/10/2018), SERANG – Dalam Rangka Hari Habitat Dunia 2018 dan menyambut Upacara Hari Ulang...
Selengkapnya

Gubernur Banten Meresmikan Peningkatan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Lebak
2018-08-31 03:26:44 || Admin Perkim
Gubernur Banten meresmikan hasil peningkatan RTLH yang telah dilaksanakan Dinas PERKIM Provinsi Bant...
Selengkapnya

Semangat Revitalisasi Kawasan Kesultanan Banten
2018-08-14 02:12:03 || Admin Perkim
Salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Banten adalah melakukan Revitalisasi Kawasan Ke...
Selengkapnya

Twitter


Facebook


Kontak Kami


Peta


Statistik Kunjungan