TAMAN FOSIL KAWSAN PUSAT PEMERINTAHAN PROVINSI BANTEN (KP3B)


Taman Fosil KP3B Serang Banten merupakan salah satu taman tematik yang dibangun oleh Dinas Perumahan rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten melalui UPT KP3B dan menjadi destinasi masyarakat sekitar.

Sesuai dengan namanya, taman ini terdiri dari batu fosil kayu dimana semua bahan organiknya telah digantikan dengan mineral seperti silikat, dengan struktur kayu tetap terjaga. Proses fosil akan terjadi di bawah tanah selama ratusan ribu bahkan jutaan tahun yang lalu dan sudah menjadi bantu.

 

Adapun beberapa fosil kayu yang terdapat di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), diantaranya fosil kayu tanaman/pohon menda, tanaman/pohon bayur, tanaman/pohon kapas, tanaman/pohon darewak, dan tanaman/pohon rengas.

 

Batu Fosil kayu yang berasal dari tanaman/pohon MENDA (Melia Azedarach) yang ditemukan di Daerah Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak Provinsi Banten pada tahun 2013, Batu Fosil kayu ini diperkirakan berusia Kurang Lebih 25 Juta Tahun yang lalu,

 

 

 

Batu Fosil kayu yang berasal dari tanaman/pohon BAYUR (Pterospermum Javancum) yang ditemukan di Daerah Kabupaten Serang, Cikande Provinsi Banten pada tahun 2014, Batu Fosil Kayu ini diperkirakan berusia Kurang lebih 40 Juta Tahun yang lalu.

 

 

 

 

 

 

Batu Fosil kayu yang berasal dari tanaman/pohon KAPAS (Gossypium SP) yang ditemukan di Daerah Kabupaten Serang, Cikande Provinsi Banten pada tahun 2014, Batu Fosil Kayu ini diperkirakan berusia Kurang lebih 12 Juta Tahun yang lalu.

 

 

 

Batu Fosil kayu yang berasal dari tanaman/pohon  DAREWAK (Microcos Paniculata) yang ditemukan didaerah Kabupaten Serang, Cikande Provinsi Banten pada tahun 2014, Batu Fosil Kayu ini diperkirakan berusia Kurang lebih 35 Juta Tahun yang lalu.

 

 

 

Batu Fosil kayu yang berasal dari tanaman/pohon RENGAS (Gluta Renghas) yang ditemukan di Daerah Kabupaten Tangerang, Cisoka Provinsi Banten pada tahun 2012, Batu Fosil Kayu ini diperkirakan berusia Kurang lebih 40 Juta Tahun yang lalu.

 

 


Berita Lainnya


GERAKAN INDONESIA BERSIH DALAM MEMPERINGATI HARI HABITAT DUNIA 2018
2018-10-09 01:41:16 || Admin Perkim
PERKIM (2/10/2018), SERANG – Dalam Rangka Hari Habitat Dunia 2018 dan menyambut Upacara Hari Ulang...
Selengkapnya

Gubernur Banten Meresmikan Peningkatan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Lebak
2018-08-31 03:26:44 || Admin Perkim
Gubernur Banten meresmikan hasil peningkatan RTLH yang telah dilaksanakan Dinas PERKIM Provinsi Bant...
Selengkapnya

Semangat Revitalisasi Kawasan Kesultanan Banten
2018-08-14 02:12:03 || Admin Perkim
Salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Banten adalah melakukan Revitalisasi Kawasan Ke...
Selengkapnya

Twitter


Facebook


Kontak Kami


Peta


Statistik Kunjungan