RAPAT KOORDINASI DATA BIDANG PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN DAN CIPTA KARYA


KP3B – Dalam rangka sinkronisasi data dan mewujudkan sistem informasi manajemen data yang terpadu Bidang Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten melaksanakan Rapat Koordinasi Forum Satu Data Bidang Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya lingkup Kabupaten/ Kota se-Provinsi Banten di Ruang Rapat Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten (13/3/2018).

Rapat Koordinasi Data dihadiri oleh stakeholder dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten dan Narasumber terdiri dari Ditjen Penyediaan Perumahan yang diwakili oleh Bapak RINO SINURAT dengan judul materi Pembangunan Basis data PKP, dari BPS Provinsi Banten yang diwakili Bapak M. MUKHANIF, M.Si dengan judul materi Stastistik Perumahan 2017 dan Narasumber dari Dinas PKPTB Kabupaten Serang yang diwakili Bapak DEVID HERMAWAN, ST, MM menyampaikan materi dengan judul Ekspose Bidang Perumahan.

Rapat dibuka oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten Bapak Ir. H. MOH.  YANUAR, MP dan menyampaikan bahwa Satu Data memiliki tiga prinsip utama yaitu satu standar data, satu metadata baku dan satu portal data yang pada akhirnya diharapkan dapat mengakselerasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE/ e-government) , tujuannya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal pembangunan.

Terdapat kendala permasalahan suatu data yakni belum optimalnya integrasi data perencanaan pembangunan yang bersumber dari OPD prov, kab/kota dan instansi vertical, Sistem informasi / sumber data masih tersebar di setiap OPD dan hak aksesnya masih bersifat lokal, adanya Ketidakseragaman tolok ukur (indikator) format data, tahapan pengelolaan data serta system penyajian, sehingga menyulitkan integrasi data, serta belum terciptanya sinergi informasi antar instansi

Data BPS secara makro dapat digunakan sebagai dasar perencanaan penganggaran, selanjutnya dalam inplementasi kegiatan perlu dilakukan pendataan terhadap koordinasi real dilapangan.

Forum Satu data yang terpenting adalah harmonisasi dengan instansi terkait, karena pada akhirnya indikator yang ingin dicapai adalah sama dan harapannya kedepan ada pengolahaan satu data sebagai upaya mendukung sinergitas pembangunan bidang  Perumahan, Kawasan Permukiman dan Keciptakaryaan antara pemerintah Pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Banten.

Menurut catatan BPS Provinsi Banten Data terdapat presentase rumah tangga menurut seumerair minum dan memiliki akses air layak sebagai berikut :

Persentase Rumah Tangga yang memiliki Akses Air Layak di Provinsi Banten, Maret 2017

Kabupaten/Kota

Layak

Tidak Layak

Kabupaten Padeglang

39,50

60,50

Kabupaten Lebak

35,38

64,62

Kabupaten Tangerang

73,20

26,80

Kabupaten Serang

59,20

40,80

Kota Tangerang

78,93

21,07

Kota Cilegon

80,85

19,15

Kota Serang

70,92

29,08

Kota Tangerang Selatan

77,46

22,54

Banten

66,11

33,89

 


Berita Lainnya


MENUJU PENYELENGGARAAN PERUMAHAN BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) YANG BERKUALITAS, BERKELANJUTAN DAN BERKEAD
2018-03-22 05:55:09 || Admin Perkim
Jakarta - Berbagai hambatan dalam penyelenggaraan perumahan khususnya dalam penyediaan rumah murah b...
Selengkapnya

DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN PROVINSI BANTEN MEMFASILITASI PERMASALAHAN PARA PENGEMBANG
2018-03-16 10:16:55 || Admin Perkim
Provinsi Banten melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinas Perkim) sangat konsen t...
Selengkapnya

RAPAT KOORDINASI DATA BIDANG PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN DAN CIPTA KARYA
2018-03-16 09:56:09 || Admin Perkim
KP3B – Dalam rangka sinkronisasi data dan mewujudkan sistem informasi manajemen data yang terpadu ...
Selengkapnya

Twitter


@banten_prov

Facebook


Kontak Kami


Peta


Statistik Kunjungan