BIMBINGAN TEKNIS PENGARUSUTAMAAN GENDER BIDANG PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN PROVINSI BANTEN


 

 

Bimbingan Teknis diadakan dengan maksud memberikan wawasan dan pengetahuan kepada peserta mengenai perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan pembangunan bidang Perumahan dan Permukiman yang responsif gender.

Pengarusutamaan gender merupakan suatu strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender, melalui berbagai kebijakan, program dan kegiatan yang memperhatikan pengalaman aspirasi, kebutuhan dan permasalahan tidak hanya perempuan dan laki-laki, termasuk di dalamnya anak-anak, lansia dan disabilitas. Acara bintek ini, dihadiri oleh wakil dari Pemerintahan Kabupaten/ Kota di Provinsi Banten dan internal dinas dengan narasumber dari Tim PUG Kementerian PUPR, Bappeda dan DP3AKKB Provinsi Banten.

Kebijakan program Pengarusutamaan gender sebagai strategi untuk mengatasi kesenjangan antar individu, dan antar kelompok  dalam menerima manfaat hasil-hasil pembangunan. Implementasi Pengarusutamaan gender adalah, Pemanfataan untuk semua Dapat dimanfaatkan oleh perempuan, laki-laki dan kelompok berkebutuhan khusus  lainnya  (Lansia, Disable, Anak-anak) sesuai dengan kebutuhannya  (supaya mandiri). Memberikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan pengguna (misalnya: penerangan jalan, bebas banjir, desain bangunan yang aman, desain trotoar yang bebas halangan). Memberikan kesetaraan aksesbilitas terhadap layanan dasar laki & perempuan, Lansia, Disable, Anak-anak,  safety, security, health (human needs). Dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur yang ramah lingkungan sesuai dengan kebutuhan perempuan, laki-laki dan kelompok berkebutuhan khusus lainnya.

Aplikasi penyusunan Perencanaan Penganggaran Responsive Gender (PPRG), Perencanaan dan Penganggaran  yang dilakukan dengan memasukkan perbedaan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan laki-laki dan perempuan (termasuk lansia, anak2, penyandang disabilitas, kelompok rentan)  dalam proses penyusunannya  untuk menjawab isu atau permasalahan  gender di masing-masing sektor dalam rangka mengatasi  kesenjangan akses, partisipasi , kontrol ,dan  manfaat  dalam pelaksanaan pembangunan

Dengan adanya bintek ini diharapkan adanya kesamaan mindset penyelenggaraan pembangunan Provinsi Banten yang berbasis gender, layak anak dan ramah disabilitas.

Bintek ini dilaksanakan pada tanggal 12 September 2017 bertempat di Horison Forebis Hotels jl Lingkar Selatan Cilegon – Anyar , Kota Cilegon.


Berita Lainnya


Revitalisasi Banten Lama, Dinas Perkim mulai dengan Bedah Rumah
2017-10-17 09:30:41 || Admin Perkim
Serang – Dalam rangka mendukung program revitalisasi Banten Lama, Dinas Perkim mulai dengan melaku...
Selengkapnya

BIMBINGAN TEKNIS PENGARUSUTAMAAN GENDER BIDANG PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN PROVINSI BANTEN
2017-09-25 07:09:10 || Admin Perkim

 

 

Bimbingan Teknis diadakan dengan maksud memberikan[...]
Selengkapnya


DINAS PERKIM BEBERSIH
2017-07-21 10:20:20 || Admin Perkim
Dalam Rangka Gebyar Gerakan Banten Bebersih yang dicanangkan oleh Gubernur Banten H.Wahidin Halim D...
Selengkapnya

Twitter


@banten_prov

Facebook


Kontak Kami


Peta


Statistik Kunjungan