Koordinasi Data Sektoral th 2021

Koordinasi Data Sektoral th 2021

 

Dalam rangka sinkronisasi data sektoral, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten menyelenggarakan Rapat Koordinasi Data Bidang Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Keciptakaryaan Tahun 2021. Tujuan dilakukannnya Rapat Koordinasi Data Bidang Perumahan, Kawasan Permukiman dan Keciptakaryaan adalah untuk memperoleh pemahaman hingga solusi, antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Rapat Koordinasi Data Bidang Perumahan, Kawasan Permukiman dan Keciptakaryaan ini dilakukan pada tanggal 31 Maret 2021 dilaksanakan Secara Virtual (Meeting Zoom) dan internal dinas bertempat Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Jl. Syech Nawawi Al Bantani-Curug-Serang.

Forum tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman provinsi banten, menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Banten disampaikan oleh  Ir. Indra Warman (Koordinator Fungsi Statistik Sosial, BPS Provinsi Banten) yang menyampaikan materi terkait Statistik Perumahan Provinsi Banten Tahun 2020, sementara materi Keterpaduan Data Bidang Perumahan, Kawasan Permukiman dan Keciptakaryaan Terkait Kebijakan Satu Data Indonesia disampaikan oleh DR. H. Muhtarom, Ak, CA (Kepala Bappeda Provinsi Banten)

Diharapkan dengan adanya sinkronisasi data ini, fungsi pengelolaan dan pemanfaatan data untuk perencanaan yang dikelola dalam SIPD bisa dilaksanakan dengan baik sehingga pembangunan di Provinsi Banten bisa semakin terarah dan dirasakan masyarakat.

Data sektor yang dimaksud terdiri dari Pendataan infrastruktur terkait Perumahan (RTLH, rumah susun), Sistem Pengolahan Air Limbah, Air Bersih, Jumlah & Luas Tempat Pemakaman Umum, Jumlah & Luas Ruang Terbuka Hijau serta data Kawasan Permukiman Kumuh.

Kepala Bappeda menyampaikan bahwa ketersediaan data statisik sektoral menjadi salah satu sasaran pembangunan bidang statistik Provinsi Banten Tahun 2017-2022 dan diharapkan agar seluruh Kabupaten/ kota harus dapat menyampaikan data sektor dalam SIPD minimal sampai dengan 5 tahun terakhir.

Dalam pemaparannya, BPS menyampaikan bahwa persentase rumah tangga yang mengakses air layak di Provinsi Banten adalah sebesar 92,87%, untuk akses air minum bersih sebesar 72,52%, sanitasi layak sebesar 82%. Sementara untuk data rumah tangga kumuh di Provinsi Banten masih ada sebesar 11,89% dan rumah dengan kategori layak sebesar 56,21%.

Turut mengikuti forum tersebut adalah unsur-unsur OPD yang melaksanakan penanganan Perumahan, Kawasan Permukiman dan Keciptakaryaan yaitu Dinas PERKIM, Dinas Lingkungan Hidup dan Bappeda Kab/kota se- Provinsi Banten.




Share :