MERUBAH KUMUH MENJADI SEHAT, MENGHILANGKAN CEMAS MENJADI AMAN

MERUBAH KUMUH MENJADI SEHAT, MENGHILANGKAN CEMAS MENJADI AMAN

Gubernur  Banten melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PERKIM) Provinsi Banten hadir untuk menghilangkan kecemasan masyarakat di Provinsi Banten yang bertempat tinggal dikawasan permukiman kumuh dan merubahnya menjadi suatu permukiman yang rapi, dan layak untuk dihuni bagi masyarakat dengan program bantuan andalannya yaitu Program Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman Kumuh Provinsi Banten mempunyai tujuan agar keluarga miskin di Provinsi Banten memiliki lingkungan yang lebih sehat, menciptakan kenyamanan dalam kehidupan dan memberikan fasilitas infrastruktur dasar sebagai sarana dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi  di kawasan tersebut. Adapun sasaran dan prioritas pembangunan infrastruktur dasar tersebut diantaranya meningkatkan ketersediaan Sarana Air Bersih (MCK) dan Pengelolaan Air Limbah, Drainase Lingkungan, Jalan Lingkungan, Pembangunan Fasilitas Proteksi Kebakaran dan Pengelolaan Persampahan, Pembangunan Ruang Terbuka Publik, serta Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman Kumuh bagi masyarakat yang terkena relokasi program Pemerintah Daerah Provinsi.


Berikut ini adalah gambar salah satu contoh pekerjaan pada tahun 2018 di Kel. Cijoro Lebak Kec. Rangkasbitung Kab. Lebak berupa Pekerjaan Pembangunan Ruang Terbuka Publik :



        Kondisi kekumuhan di  Kel. Cijoro Lebak Kec. Rangkasbitung Kab. Lebak berhak untuk menerima bantuan Penanganan Kawasan Permukiman Kumuh, setelah melewati tahap Verifikasi dan Validasi data oleh Pihak Kelurahan dan Dinas PERKIM Provinsi Banten tanpa waktu yang lama pembangunan Jalan Lingkungan, Drainase Lingkungan, Pengelolaan Air Limbah dan Penyediaan Sarana Air Bersih (MCK), Pembangunan Fasilitas Proteksi Kebakaran dan Pengelolaan Persampahan, Pembangunan Ruang Terbuka Publik, serta Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman Kumuh segera dilaksanakan oleh Pihak Penyedia Jasa. Dalam tahap proses pembangunannya Dinas PERKIM Provinsi Banten melakukan kerjasama dengan Pihak TP4D Kejaksaan Tinggi Prov. Banten dan  Polda Banten. Hal ini dilakukan bertujuan agar terjalinnya kerjasama yang baik antar instansi Pemerintah agar proses pekerjaan bisa berjalan baik, lancar, transparan, dan aman. Setelah proses pembangunan yang kondisi awalnya sangat kumuh kini sudah berubah menjadi kondisi yang sangat layak huni serta sehat untuk ditempati. Kecemasan yang tergambar pada masyarakat Kel. Cijoro Lebak saat awal bertemu pun kini sudah berubah menjadi senyum dan tawa kebahagiaan, Lurah Cijoro Lebak sebagai perwakilan dari masyarakat mengucapkan: “Terimakasih kepada Bapak Gubernur Banten, Bapak Wakil Gubernur Banten karena melalui Dinas PERKIM warga mendapatkan kesejahteraan berupa fasilitas jalan lingkungan yang memadai, drainase lingkungan yang tidak akan menimbulkan bau, fasilitasi Pembangunan ruang terbuka publik, dan lain sebagainya.



            Harapan kedepan program bantuan seperti ini bisa terus dilaksanakan agar seluruh masyarakat keluarga miskin yang ada bisa memiliki lingkungan yang sehat agar kawasan kumuh yang ada dikawasan Provinsi Banten bisa berubah menjadi kawasan yang sehat dan berkembang, bukan lagi menjadi suatu hal yang tidak mungkin untuk “MERUBAH KUMUH MENJADI SEHAT, MENGHILANGKAN CEMAS MENJADI AMAN.
Share :