MEMPERINGATI HARI BUMI 2019, DINAS PERKIM INISIASI PENANAMAN POHON

MEMPERINGATI HARI BUMI 2019, DINAS PERKIM INISIASI PENANAMAN POHON

Setiap tanggal 22 April, dunia internasional memperingati Hari Bumi. Hari bumi ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi, terutama  meningkatkan kesadaran publik akan lingkungan. Tema ancaman besar terhadap bumi antara lain sumber pangan dan air yang terancam, suhu bumi meningkat, udara penuh gas racun dan satwa terancam punah.

Sekilas tentang peringatan Hari Bumi (Earth Day), diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup. Sejak Tahun 1969, Gaylord Nelson memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi dan gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas yang pada puncaknya pada tanggal 22 April 1970. Saat itu sejarah mencatat jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para perusak bumi. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta manusia turun ke jalan pada 22 April 1970. Moment ini kemudian menjadi tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi yang pertama kali.

22 April 2019, Dinas PERKIM bersama dengan DLHK Provinsi Banten menginisiasi penanaman 100 pohon di KP3B dalam rangka Peringatan Hari Bumi, diantaranya pohon mangga 25 batang, pohon rambutan 25 batang, pohon pule 25 batang, dan pohon trembesi/ ambon 25 pohon yang berasal dari pembibitan di Gunung Pinang dengan lokasi penanaman di Halaman lapangan upacara Setda, Taman Hutan KP3B, Sempadan Kolam Retensi dan rencana kantin KP3B.

Dengan adanya peringatan hari bumi ini kita bisa menjaga bumi lebih baik, dan banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi diantaranya:

- Hemat Energi

- Beli Produk Lokal

- Daur Ulang Limbah Elektronik

- Kurangi Pelastik

- Tanam Pohon

- Penggunaan Energi Terbarukan

- Kurangi penggunaan kertas kantor

 

 

Share :