PEMPROV. BANTEN KOORDINASIKAN RENCANA PERSAMPAHAN REGIONAL

PEMPROV. BANTEN KOORDINASIKAN RENCANA PERSAMPAHAN REGIONAL

PemProv Banten diwakili Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PERKIM) Provinsi Banten dan tim mengunjungi Wakil Bupati Serang untuk berkoordinasi terkait rencana Pembangunan TPST Regional Bojong Menteng pada 24 April 2019.

Persampahan regional Bojong Menteng yg berlokasi di Desa Bojong Menteng, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang merupakan salah satu prioritas pembangunan Prov. Banten, merupakan penyediaan sarana persampahan untuk masyarakat Kab dan Kota Serang, dan akan disepakati penggunaannya oleh Kab. Serang dan Kota Serang, saat ini PemKab. Serang sedang menyiapkan naskah kesepakatannya.

Dalam koordinasi ini disampaikan bahwa PemKab. Serang merencanakan untuk menyerahkan Pembangunan dan Pengelolaan TPST Regional Bojong Menteng untuk dilaksanakan oleh PemProv. Banten, dan Tahun ini diharapkan PemProv Banten dapat memulai fisik sebagai tahapan awal pembangunan.

Tahun 2019, dalam rangka Pembangunan TPA Persampahan Regional dianggarkan sekitar 11 Milyar pada Dinas PERKIM Prov. Banten dan saat ini sedang dilakukan pembebasan lahan akses masuk (TPST) Bojong Menteng oleh PemKab. Serang.

Saat ini paradigma masyarakat masih ada yang punya pendirian bahwa sampah itu merupakan sumber penyakit dan bau, tetapi jika kita dapat mengelola dengan baik maka sampah tersebut akan memberikan manfaat bagi masyarakat, bisa menghasilkan bahan daur ulang, zat metan bahkan pembangkit listrik, sehingga koordinasi dan sosialisasi terkait masalah persampahan ini harus dilakukan secara intensif kepada masyarakat.

Share :