Peringatan Hari Bakti PU ke 74

Peringatan Hari Bakti PU ke 74
“SIGAP MEMBANGUN NEGERI UNTUK INDONESIA MAJU”

Pada hari ini, tanggal 3 Desember 2019 seluruh keluarga besar Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Banten melakukan Upacara Hari Bakti PU ke 74 di gedung Plasa Aspirasi Provinsi Banten.

Goresan tinta  sejarah menulis peristiwa yang menjadi latar belakang peringatan ini berawal saat 74 tahun lalu, tepatnya 3 Desember 1945, sebanyak 21 pegawai PU bertugas menjaga gedung departemen PU di Bandung yang sekarang bernama Gedung Sate. Mereka harus berjuang menghadapi dari pasukan Sekutu. Tujuh pegawai PU ketika itu gugur dalam peristiwa tersebut.

Adapun tujuh pegawai tersebut adalah Didi Hardianto Kamarga, Muchtarudin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono. Kemudian, nama mereka dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna.



Peristiwa 3 Desember 1945 ini telah melahirkan “Sapta Taruna Kesatrianya” Keharibaan Ibu Pertiwi. Peristiwa ini juga melahirkan suatu Organisasi Pegawai Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mempunyai kesadaran sosial, jiwa persatuan, rasa solidaritas yang tinggi serta rasa bangga akan tugasnya sebagai abdi masyarakat, khususnya dalam bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.