BANTEN MEMBANGUN, MASYARAKAT SEJAHTERA

BANTEN MEMBANGUN, MASYARAKAT SEJAHTERA

Pada 4 Oktober 2019, tepat 19 tahun yang lalu Provinsi Banten resmi menjadi Provinsi Baru, terpisah dari Provinsi Jawa Barat. Banten menjadi wilayah pemekaran dengan keputusan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2000.

Banten merupakan wilayah paling barat  di Pulau Jawa, Indonesia. Pada saat terbentuk Provinsi Banten terdiri dari 4 Kabupaten dan 2 Kota. Saat Provinsi Banten terdiri dari 4 Kabupaten dan 4 Kota yang meliputi Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, dan Kota Tangerang Selatan.

Pada Tahun 2019 ini beragam acara telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Banten untuk merayakan Hari Ulang Tahun Provinsi Banten ke 19 yang terpusat pada Kawasan Banten Lama dan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) yang dilaksanakan dari tanggal 3 sampai dengan tanggal 6 Oktober.

 

Diawali dengan acara “Seminar Pembangunan Banten” pada tanggal 3 Oktober yang dibuka oleh Gubernur Banten Wahidin Halim bertempat di Pendopo Gubernur Banten, KP3B. Dalam Seminar tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi Pemerintah Provinsi Banten karena berkembang pesat bahkan melebihi beberapa daerah lainnya. Gubernur juga mendapatkan penghargaan Kemendagri karena telah melaksanakan integrasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang merupakan isistem integrase yang dibangun Kemendagri sebagai portal terpadu 4 sektor tata kelola pemerintahan yaitu e-Planning, e-Budgeting, e-Reporting dan e-Sakip.



Beberapa Indikator makro pembangunan pun mampu dicapai dengan baik oleh Provinsi Banten, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Tingkat Kemiskinan, dan Tingkat Pengangguran Terbuka yang mengalami tren penurunan.

Selain acara Seminar Pembangunan Banten, acara lain yang digelar pada tanggal 3 Oktober 2019 adalah Job Fair yang bertempat di Plaza Aspirasi KP3B serta acara Ziarah dan Tausiyah bertempat di Masjid Agung Kawasan Banten lama.



Selanjutnya, pada tanggal 4 Oktober 2019 diadakan upacara untuk memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Banten yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah yang bertempat di lapangan Setda, KP3B. Seperti pada tahun tahun sebelumnya, peserta upacara mengenakan pakaian daerah Banten ataupun batik khas Banten. Adapun acara lain yang digelar pada hari tersebut adalah lomba tumpeng dan pembukaan pesta rakyat oleh Gubernur Banten.